Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

5 Desain Poster Pendidikan yang Inspiratif

DIREKTORI JATENG- lagi nyari inspirasi buat desain poster pendidikan? Ya, tidak salah kalau Anda mampir di sini. Poster memang cukup efektif jika dimanfatkan sebagai media pendidikan. Melalui poster, kita bisa menyampaikan pesan positif kepada siapapun. Misalnya untuk kampanye antirokok di kalangan remaja.

Poster banyak kita jumpai di tempat umum, seperti dinding, tiang lampu dan lainnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum. Bisa berupa pengumuman atau iklan.

Sementara itu Wikipedia memberikan definisi poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.

Nah daripada bicara panjang lebar, bagi kamu yang sedang mencari inspirasi buat poster, berikut ini lima contoh poster pendidikan yang keren.

1) Contoh poster ini cukup sederhana. Namun karakternya sangat kuat. Gambar ilustrasi seorang anak muda dengan raket berada di tangan kanannya merupakan simbol sportivitas. Sementara kostum dengan bedge Lambang Garuda di dada menunjukkan semangat nasionalisme yang membara. Komposisi antara gambar dan teksa sangat kuat.

Contoh poster pendidikan dengan tajuk “Prestasiku untuk Masa Depan”. Sumber: http://www.ilmugrafis.info/
Contoh poster pendidikan dengan tajuk “Prestasiku untuk Masa Depan”. Sumber: http://www.ilmugrafis.info/
2) Poster yang satu ini juga cukup menarik. Poster ini mengajak orang agar meninggalkan merokok demi mengejar prestasi. Yah, memang seharusnya anak muda harus memiliki orientasi yang positif.
Contoh poster pendidikan “Antirokok”. Sumber: gambarterbatu.com
3) Hihihi, poster yang satu ini cukup mengelitik. Benar sekali tuh! Narkoba memang harus dilawan. Jangan sampai generasi kita terlibat penyalahgunaan narkoba.
Contoh poster pendidikan “Anti Narkoba”. Sumber: pinterest.com
Contoh poster pendidikan “Anti Narkoba”. Sumber: pinterest.com
4) Tema “Belajar Sepanjang Masa” memang tak lekang oleh waktu. Contoh poster ini bisa dimodifikasi lagi agar lebih tajam dalam menyampaikan pesan.
Contoh poster pendidikan “Belajar Sepanjang Masa”
Contoh poster pendidikan “Belajar Sepanjang Masa”
5) Poster tentang ajakan menjaga kebersihan memang sudah banyak kita jumpai. Kamu hanya perlu mencari visual yang bagus agar pesannya mengena.
Contoh poster pendidikan kebersihan. Sumber: internet
Contoh poster pendidikan kebersihan. Sumber: internet
Demikian lima contoh poster pendidikan yang cukup inspiratif. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan berikan komentar untuk artikel ini. (AS)

Belum ada Komentar untuk "5 Desain Poster Pendidikan yang Inspiratif "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel