Ratusan kartunis top dunia pameran karya di Semarang

DIREKTORIJATENG.COM- Ratusan kartunis akan turut meramaikan gelaran “SECAC International Cartoon Exhibition (SICE) 2016” yang akan dilaksanakan pada 22-24 Oktober 2016 mendatang.  Mereka berasal dari berbagai negara di dunia.

Demikian disampaikan oleh Ketua Semarang Cartoon Club (SECAC) sekaligus Ketua Panitia SICE 2016, Slamet Widodo, Jumat (23/9/2016) di Semarang.
 

Slamet mengatakan, pameran kartun tingkat internasional tersebut akan berlangsung di Wisma Perdamaian, Kota Semarang. Menurut dia, event SICE 2016 mendapat tanggapan positif dari kartunis mancanegara.

Pameran kartun SECAC on the street. (foto kartunsemarang.com)
Hal itu dibuktikan dengan  jumlah kartunis yang terlibat dalam pameran tersebut. Dia menyebutkan, hingga Jumat (23/9/2016) ada sekitar 240 kartunis dalam negeri maupun mancanegara yang berpartisipasi. Mereka berasal dari 60 negara.

Kurator SICE 2016, Jitet Koestana menyebut beberapa kartunis top dunia sudah mengirim karya. Sebut saja Luc Descheemaeker (Belgia), J Bosco (Brasil), Silvano Mello (Brasil), Tsocho Peev (Bulgaria), Jin Xiao Xing (China), Jiri Srna (Republik Ceko), Fawzy Morsy (Mesir), Agim Krasniqi (Kosovo), Constantin Pavel (Romania), Anatoly Radin (Rusia), Borislav Stankovic (Serbia), Raed Khalil (Syria), Musa Gumus (Turki), Gennady Nazarow (Ukraina), Raquel Orzuj (Uruguay) dan Arash Faroughi (Iran).

Kartunis papan atas Indonesia juga turut serta. Di antaranya GM Sudharta (Klaten),  Leak Koestiya (Surabaya), Koesnan Hoesie (Semarang), Yehana SR (Magelang), Hendriqus David Arie (Jakarta), dan Djoko Susilo (Kendal).

“Sampai hari ini karya yang masuk ke panitia mencapai 400-an. Kami akan menyeleksinya untuk dipamerkan,” katanya.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Sebab, panitia SICE 2016 masih menerima kiriman karya dari para kartunis hingga 16 Oktober 2016 mendatang. Pengiriman karya bisa melalui email secacexhibition@gmail.com. Tema kartun SICE 2016 adalah bebas.

Baca juga:  Pameran kartun internasional SECAC 2016

Selain pameran di Wisma Perdamaian, karya-karya kartunis top dunia ini juga akan dipamerkan di Simpang Lima dan Gedung Lawang Sewu Semarang akhir tahun ini.

Slamet menambahkan, SICE 2016 dalam rangka menghidupkan kembali gairah kartun di Kota Semarang. Semarang selama ini mendapat julukan ibukota kartun Indonesia.  SECAC yang notabene organisasi kartun terbesar di Indonesia telah beberapa kali menggelar lomba dan pameran kartun.

Pada 1988 SECAC pernah menggelar Lomba dan Pameran Kartun Internasional bertajuk “Canda Laga Manca Negara.” Ada 39 negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tiga tahun berikutnya, SECAC juga membuat kejutan dengan pameran kartun terpanjang di dunia pada 1991. Juga beberpa event lainnya, seperti  trilogi Semarang dalam Kartun tanggal (1991), Ketawa Total (1993), Primitif 2000 (1994) dan Secac Reborn (2011). (AS)

Belum ada Komentar untuk "Ratusan kartunis top dunia pameran karya di Semarang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel