Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Mahasiswa PGSD UMK tampil memukau bawakan tarian nusantara

DIREKTORIJATENG.COM- Sembilan penari cantik muncul dari samping panggung, Selasa (11/7/2017). Mereka mengenakan baju warna merah muda dengan variasi kain pingggang warna menyala  bermotif keemasan yang menjuntai ketika dipegang.  Di atas kepala berhias mahkota indah berbulu warna ungu lembut dengan kening kepala penari dihiasi pernak-pernik indah warna putih keemasan.

Saat salah satu penari,  Rahma, mulai menari Tari Geyol Denok Semarang di depan panggung dengan lincah dan gesit, dua lampu spotlight pelangi  dari belakang menerangi panggung. 
Mahasiswa PGSD UMK tampil memukau bawakan tarian nusantara
Mahasiswa PGSD UMK tampil memukau bawakan tarian nusantara saat Pagelaran Seni dan Pameran Media Pembelajran, Selasa (11/7/2017). (foto Noor Ahsin)
Selain itu Lighting variasi kerlap-kerlip  berwarna putih, kuning, merah dan biru yang menghiasi langit-langit Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) terlihat sangat Indah dan mempersona.  Ditambah suara alunan musik yang merdu  dan rancak membuat tarian Geyol Denok Semarang  yang dilakukan dengan anggun gemulai itu  memukau sekitar 300 penoton yang hadir. 

Acara tersebut merupakan bagian dari Pagelaran Seni dan Pameran Media Pembelajran PGSD FKIP UMK yang diikuti oleh mahasiswa PGSD semester 4 dengan tema Express Your Culture and Creation

Setidaknya ada penampilan 18 grup tari yang berbeda dari hampir seluruh nusantara. Di antaranya tari  Lenggok Nusantara, tari galaksi surya Majapahit, tari pendet Bali, dan sebagainya. 

Selain pentas tari, ada juga fashion show batik seni rupa  dan 10 penampilan grup band mewakili seni musik. Ada juga pameran media pembelajaran dan juga donor darah kerja sama dengan KSR Kampus UMK. 

Dosen mata kuliah seni, Prodi PGSD FKIP UMK Nur Fajri, M.Pd mengatakan, pagelaran seni dan pameran media pembelajaran merupakan Produk mata kuliah Pendidikan Seni dan Sumber Media semester empat. Dalam berkarya, mahasiswa boleh memilih bidang seni yaitu bisa seni rupa, seni tari musik. 

"Kegiatan ini sudah diadakan kali keempat. Tujuan pementasan dan gelar karya ini secara khusus membekalai mahasiswa terampil keterampilan seni dan membuat media pembelajaran. Secara umum untuk melestarikan kebudayan dan seni daerah,” katanya.  

Untuk mempersiapkan pagelaran dan pameran tersebut, mahasiswa berkali-kali menggelar latihan. Rahma Setyaningrum Mahasiswi PGSD kelas 4 G yang membawakan tari Denok Semarang
bahkan harus berlatih sebanyak 9 kali bersama teman-temannya. 

"Berkat kerja keras, alhamdulillah lancar. Saya sangat senang sekali,” katanya.

Kaprodi PGSD Ika oktavianti, S.Pd., M.Pd. mengapresiasi kerja keras mahasiswa yang sukarela latihan untuk mempersiapkan acara tersebut. "Acara yang sangat bermanfaat ini semoga bisa digelar lagi untuk tahun-tahun berikutnya," harapnya.

Rektor UMK Dr. Suparnyo, SH., MS.  juga mengapresiasi. Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan yang paling mewah dari pada kegiatan sebelumnya. 

"Kegiatan ini adalah wujud kreativitas mahasiswa yang mengandung banyak nilai-nilai karakter. Ada nilai kejujuran, kreativitas, kerjasama, kepedulian sosial, tanggung jawab, dan sebagainya.  Karya mahasiswa yang bagus bisa dikembangkan dan kalau ada yang menarik dan orisinil hasil karya mahasiswa bisa dipatenkan.” katanya didampingi Wakil Rektor I UMK, Dr. Murtono, M.Pd. (Noor Ahsin/AS)

Belum ada Komentar untuk "Mahasiswa PGSD UMK tampil memukau bawakan tarian nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel