Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

DIREKTORIJATENG.COM- Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut atau 11.247 kaki. Gunung Slamet membentang di lima kabupaten, yaitu Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga dan Pemalang.
Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah
Pemandangan Gunung Slamet dari Kutasari, Purbalingga. (AS)

Di Pulau Jawa, ketinggian Gunung Slamet menduduki urutan kedua. Sebagai gunung tertinggi di Jateng, Gunung Slamet menjadi jujugan favort bagi para pendaki gunung. Meski statusnya masih sebagai gunung berapi aktif, tak sedikit pendaki yang menginjakkan kakinya di puncak Slamet.

Tak hanya para pendaki, Gunung Slamet juga banyak menyedot kunjungan wisatawan dengan sejumlah objek wisata yang ada di sekitarnya. Satu diantaranya adalah obyek wisata Baturraden yang terletak di lereng selatan Gunung Slamet.

Wisata Baturraden menyajikan taman dan tempat rekreasi berbasis alam. Ada Kebun Raya Baturraden, sumber mata air panas alami pancuran 3 dan pancuran 7.

Jumlah kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun juga meningkat. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Banyumas, jumlah wisatawan yang berkunjung ke lokawisata Baturraden pada tahun 2016 sebanyak 537.986 orang. Sementara pada tahun 2017 meningkat menjadi 633.420 orang.  (AS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel