Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Kartunis Senior Semarang Jitet Kustana Pamerkan Karya Juara di Eropa

DIREKTORIJATENG.COM- Kartunis senior Semarang, Jitet Kustana memamerkan sejumlah karyanya di European Cartoon Center (ECC) Kruishoutem, Belgia. Pameran akan berlangsung selama lebih kurang tiga bulan, mulai 27 Januari hingga 14 April 2019. Jitet akan berangkat ke Kruishoutem, Belgia pada 24 Januari 2019 mendatang.

Kartunis Senior Semarang Jitet Kustana Pamerkan Karya Juara di Eropa
Kartunis Semarang, Jitet Kustana dan salah satu karyanya.
“Sebuah kehormatan buat saya bisa pameran di ECC. Saya tidak pernah membayangkan dapat undangan ini,” kata Jitet, Rabu, 9 Januari 2019.

ECC merupakan pusat kartun yang berbasis di Kruishoutem. Pusat seni kartun itu dibuka sejak 2007. Selain menyelenggarakan kontes dua tahunan Euro Kartoenale, ECC juga membuka ruang untuk pameran tunggal, kuliah dan kegiatan yang relevan dengan seni kartun.

Jitet mengungkapkan, undangan untuk pameran di Belgia dilayangkan kepadanya pada Oktober 2018 lalu. Jitet menerima email dari manajemen ECC. Ia diminta untuk mengirimkan sejumlah karyanya. ECC berminat untuk memamerkan karya-karya Jitet yang sebagian besar memenangi kontes kartun internasional.

“Dia minta 130 karya, aku kirim 147 karya,” kata Jitet.

Menurut Jitet karya yang akan dipamerkan sebagian besar karya juara yang menang di sejumlah kontes. Ia menyampaikan, saat ini telah mengoleksi lebih kurang 180 penghargaan kartun tingkat internasional.

Di Belgia, Jitet bakal berduet dengan kartunis asal Portugal, Cristina Sampaio. Selain itu, ia juga akan menghadiri pertemuan juri dalam lomba kartun Euro Kartoenale yang mengangkat tema "The Wall". (AS)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel