Begini pembelajaran yang ideal selama Covid-19

Begini pembelajaran yang ideal selama Covid-19
Begini pembelajaran yang ideal selama Covid-19

Selain berdampak secara sosial dan ekonomi, penyebaran Covid-19 juga berefek pada sistem pendidikan.

Terhitung sejak Maret, pemerintah menginstruksikan berbagai pembelajaran daring untuk mendukung gerakan jaga jarak.

Di satu sisi, ini langkah baik untuk mengantisipasi virus Corona. Di sisi lain, pembelajaran secara daring juga dilematis.

KPAI melaporkan ada begitu banyak aduan bahwa siswa stres diberikan banyak tugas di tengah wabah. Di media sosial, kita juga kerap menjumpai keluhan seperti ini.

Lalu bagaimana sih pembelajaran yang efektif selama pandemi?

Ahli pendidikan UPI Prof Cecep Darmawan memberikan jawaban. Untuk mencegah stres, guru sebaiknya tidak memberikan banyak tugas. Tak usah memaksakan banyak tema untuk dibahas. Satu saja asal efektif.

Alief Noor Farida, dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNNES, memberikan pandang lain. Menurutnya, pembelajaran harus disesuaikan keadaan antara pengajar dan murid. Di tengah pandemi, salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah project-based learning: pengajar tetap memberikan materi, sementara output-nya adalah karya kreatif yang berhubungan dengan mata pelajaran. Baginya, pola ini bisa lebih membuat kedua pihak rileks tapi tetap efektif.

Bagaimana? Sudahkah KBM daring kita dilaksanakan secara ideal?

#kknunnesedukasicovid19
#unnesungguluntukindonesiamaju
#dirumahaja
#LAWANCOVID-19
#UNNES #KKNUNNES

Belum ada Komentar untuk "Begini pembelajaran yang ideal selama Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel