Entri yang Diunggulkan

Ritual Sesaji Rewanda, Tradisi Menjaga Alam Wasiat Sunan Kalijaga

Di saat Virus Corona merebak, perlukah memakai hand sanitizer?

[Ilustrasi] Hand Sanitizer. (dok KKN Unnes)
Sejak virus Corona (COVID-19) muncul, warga Indonesia berbondong-bondong membeli hand sanitizer (penyanitasi tangan). Stoknya bahkan habis; harganya melambung tinggi di pasaran karena penimbunan.

Hand sanitizer memang penting untuk melawan virus yang menyebar secara droplet ini. Terbuat dari bahan-bahan yang memang mudah terbakar, di antaranya alkohol dan juga H202 (Hidrogen Peroksida), hand sanitizer mampu membunuh virus di tangan—yang sewaktu-waktu bisa mampir karena menyentuh banyak hal.

Tapi hati-hati, ya! Penggunaan hand sanitizer berlebihan akan memberikan efek kering atau bahkan iritasi pada kulit, juga mengurangi minyak alami yang telah diproduksi oleh kulit.

Oleh karena itu, penggunaan hand sanitizer menjadi opsi kedua, dan lebih baik untuk mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Selaku universitas konservasi, UNNES selalu mendorong seluruh masyarakat terutama sivitas akademika untuk menjaga kebersihan bersama.

Cara membuat hand sanitizer dari daun sirih



-- Ahmad Abu Rifai, anggota Tim KKN Tanggap Bencana Covid-19, Unnes

1 Komentar untuk "Di saat Virus Corona merebak, perlukah memakai hand sanitizer?"

  1. Therefore, they are widely used as part of office cleaning supplies as well as home cleaning supplies. best hand sanitizer

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel